iklan,berita ekonomi,hobi saya

Sabtu, 27 Desember 2014

Evaluasi Web

Evaluasi dalam sebuah web

Untuk mengevaluasi sebuah website kita bisa menggunakan sebuah parameter
sebagai acuan dalam penilaian kita.Ada banyak sekali parameter yang dapat digunakan
untuk mengevaluasi sebuah website.Namun secara umum ada beberapa parameter
yang paling sering digunakan dalam menilai sebuah website seperti :
  1. Accesibility
Yaitu bagian yang menjelaskan seberapa baik sebuah website dalam aspek aksesnya.
Seperti apakah website tersebut sudah dapat diakses menggunakan teknologi-teknologi
terbaru yang ada saat ini seperti melalui ponsel atau PDA ?. 

     2.  Readibility
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang “Apakah situs tersebut nyaman untuk dibaca ?”
dan “Apakah pengakses bisa mudah membaca dan mengerti isi situs tersebut?”.
     3.  Speed
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang kecepatan tampilnya sebuah situs. Pengakses
cenderung malas dan langsung menutup browser pada saat mereka membuka sebuah
situs yang lambat diakses,sehingga mereka harus menunggu beberapa lama untuk
melihat tampilan situs tersebut.Pengakses cenderung tidak mau menunggu terlalu
lama untuk melihat sebuah situs.Semakin cepat situs itu dalam melakukan
loading time pastinya akan semakin baik. 
     4.  Content
Yaitu bagian yang menjelaskan tentang isi dari website tersebut. Karena itu konten
adalah bagian yang paling penting dari sebuah penilaian. Karena itu konten haruslah
menarik,relevan,dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.
    5.  Technology
Maksud dari technology disini yaitu menjelaskan tentang aplikasi atau teknologi apa
saja yang digunakan dalam pengembangan website tersebut. Seperti teknologi
yang digunakan dalam segi mendesain website tersebut.
Dan seberapa baik desain itu dibangun.







Konten Manajemen

Situs web ini menampilkan menu detail pada saat pengguna sudah memilih produk. Namun pada halaman detail tidak diinformasikan sedetail mungkin tentang produk yang bersangkutan. Selain itu tidak disebutkan stock produk, namun pada awal halaman produk sudah diinformasikan mengenai harga produk.

Mengenai tentang loading situs web wahana-komputer menurut saya sudah masuk ke kategori cepat.

Dengan detail informasi yang minim dan tidak disediakannya failitas untuk membandingkan produk, akan sulit bagi seorang pengguna untuk memutuskan produk apa yang akan dibeli. Untungnya ada fasilitas yahoo messenger untuk menghubungi admin dari situs ini jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan. Tersedia juga fasilitas testimoni berupa saran dan komentar. Namun dalam penggunaannya lebih banyak yang bertanya mengenai masalah kredit produk, tidak ada customer yang me-review produk ataupun pelayanan dari wahana-komputer. Selain itu, tidak ada rating dari produk-produk wahana-komputer. Padahal hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan pengguna baru di situs web ini, serta membantu browser atau evaluator untuk memilih produk yang dibutuhkan.

 Saat  login pada situs ini, customer sudah tidak dapat melihat status transaksi pembelian produk yang di lakukan terakhir kali. Selain itu, tidak ada tracking pengiriman pada situs ini. Jadi customer tidak tahu jalur pengiriman dari produk yang dipesan.


Dari analisa mengenai web www.wahana-komputer.com maka ada poin – poin:
1.      Segi Kenyamanan Membaca
·      Standar, mudah dibaca, nyaman dan menarik.
2.      Segi Tampilan web
·      Tampilan desain web yang menarik.
·      Tampilan setiap jenis produk baru agar dibuat berbeda.
3.    Menu yaitu fasilitas untuk masuk kedalam halaman-halaman informasi berdasar bagian-bagian tersendiri didalam situs website wahana-komputer, seperti :
·      Istilah menu sudah tepat sesuai dengan fungsi menunya.
·      Sudah tepat dan sesuai dengan isi pada menu dan navigasi 
     1.  Setiap iklan ataupun informasi baru sangat menarik.
2.    Sub menunya sudah tertata rapi.
3.    Tidak terlalu lambat.

Kesimpulan dan Saran:
Dari segi fungsionalitas, situs ini tergolong baik. Namun dari segi desain masih banyak yang harus dibenahi. Misalnya masalah scroll, whitespace dan desain header yang terlalu berlebihan. Selain itu, alangkah baiknya jika pada fasilitas pencarian ditambahkan kategori produk atau merk untuk mempermudah pengguna dan ditambahkan saran produk lain jika produk yang dicari pengguna tidak ada.
Pada katalog produk, sebaiknya diberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai detail produk. Dan penggunaan komentar dan saran sebaiknya dioptimalkan sebagai review produk dan pelayanan situs ini. Hal tersebut bisa jadi dapat menambah kepercayaan customer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar