RANCANGAN KONSEP PEMBANGUNAN
E-BUSSINES TAHU PONG
DisusunOleh :
ARDIAN EKO SAPUTRA
14.0101.0047
FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Dunia bisnis sekarang ini terus bersaing
untuk menciptakan berbagai kebutuhan konsumen
yang semakin tinggi, dan semakin cerdas dalam memilih kebutuhannya.Mulai dari kalangan menengah sampai kalangan
atas selalu menuntut kualitas yang terbaik
dan harga yang ekonomis.Perkembangan pesat teknologi informasi, komunikasi, maupun proses pabrikan
mengakibatkan pendeknya siklus hidup produk.Oleh karena itu setiap perusahaan akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan produktivitas,efisiensi, pelayanan yang cepat, mudah, dan terus menciptakan berbagai inovasi-inovasi baru untuk tetap
dapat unggul dan bertahan di pasar.
Selain produktivitas dan efisiensi yang perlu ditingkatkan, perusahaan juga harus memahami dan mengetahui apa saja yang
dibutuhkan oleh konsumen.Pengrajin TAHU
"RIKY PONG" yang berada di daerah Progowati,Mungkid,Magelang
ini adalah UKM yang mampu bertahan menghadapi tantangan
dalam kondisi penjualan saat ini.Masalah yang dihadapinya adalah tentang penjualan yang masih menggunakan
metode konvensional atau pengenalan produk dimana proses jual-beli masih dilakukan dengan cara tatap
muka langsung.Oleh karena
itu,saya bermaksud untuk membuat rancangan sebuah desain website untuk mengembangkan pemasaran pabrik tahu
tersebut.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa saja infrastruktur yang dibutuhkan
untuk membangun e-bussines ?
2. Bagaimana cara merancang desain web ?
3. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk
merancang desain web ?
C. TUJUAN
Memberikan kemudahan para pengusaha kecil
menengah untuk melakukan promosi ke
seluruh masyarakat menggunakan media elektronik.Serta menjadikan semakin banyak orang yang mengetahui pabrik tahu“RIKY PONG” yang berlokasi
di daerah,Progowati,Mungkid,Magelang
ini.Tidak hanya di daerah-daerah sekitar tetapi berbagai daerah di
Indonesia.Sehingga dalam pemasaran tidak hanya dilakukan
omongan dari mulut ke mulut tetapi sudah memanfaatkan perkembangan internet.
BAB II PEMBAHASAN
A. INFRASTRUKTUR
YANG DIBUTUHKAN
1. Hardware
a. Computer : Dengan
spesifikasi minimum yaitu berproesor Dual Core
atau lebih,RAM minimal 512MB, hardisk minimal 160GB, VGA card minimal 256MB.
b. Modem
(Modulator Demodulator) : Alat yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan internet
melalui telefon, line kabel dan layanan dari penyedia jasa
telekomunikasi lainnya.
c. Router
: digunakan untuk menghubunkan antara dua jaringan yang berbeda
d. Kabel UTP :
digunakan sebagai kabel jaringan LAN pada system jaringan komputer
e. Konektor RJ 45 :
digunakan dalam topologi jaringan computer tipe lainnya.
f. Switch hub : Alat
yang digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan kejaringan tertentu.
g. Ethernet
card : Alat yang digunakan sebagai kartu antar muka jaringan transmisi data computer
yang koneksi.
h. Tester
: Alat yang digunakan untuk mencoba apakah internet sudah terkoneksi
dengan PC atau belum.
2. Software
a. LAN
(Local Area Network) : suatu jenis jaringan computer dengan mencangkup
wilayah lokal.
b. Adobe photoshop :
sofware yang dibuat oleh perusahan adobe system, yang khususkan untuk mengedit foto atau gambar dan pembuatan efec.
c. Adobe
image ready : mirip dengan photoshop.
d. Adobe
illustrator : sebuah program perangkat lunak menggambar diciptakan
oleh adobe systems yang menggunakan vektor.
e. CorelDraw
: sebuah software computer yang melakukan pengelolahan dan editing pada
garis vector.
f. System
operasi.
g. E_mail
client.
h. Instant
massaging client.
i. Pengendalianakses.
j. Pengaman
data.
k. Pendeteksi
dan pengendalianatas kesalahan.
l. Pengiriman
data dan file.
3. Browser
Perangkat lunak yang digunakan untuk
menampilkan dan melakukan interaksi dengan
dokumen-dokumen yang disediakan oleh layanan web seperti :
u
Mozilla
firefox
u
Google chrome
u
Internet
explorer
u
Opera
B. RANCANGAN
DESAIN WEB
Metode Dalam Pengembangan website
e-commerce
Metode yang penulis gunakan
adalah dengan melakukan MetodeWaterfall, karena metode ini sangat baik dalam
melakukan pembangunan suatu sistem informasi.
1. Analisa
Kebutuhan
Untuk menganalisis kebutuhan
sistem harus melakukan survey ke website-website
yang sudah cukup terkenal di Indonesia.
Misalkan toko bagus atau
berniaga.com
2. Desain
Sistem
Desain sistem harus user
friendly. Agar user mudah dalam menggunakan website
untuk mencari produk yang akan di cari.
3. Coding
Bahasa pemrograman yang penulis
gunakan adalah bahasa pemrograman PHP.Karena
bahasa pemrograman tersebut masih cukup popular dan terbilang mudah dalam pembuatan website.
4. Pengujian
sistem informasi
Pengujian sistem dilakukan oleh
rekan-rekan yang ada di manajemen informatika.
Dan pemilik usaha kecil menengah.
5. Penerapan
dan pemeliharaan
Dalam penerapan dan
pemeliharaan website di lakukan selama sebulan sekali.
C. RANCANGAN
BIAYA
Rancangan biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan
e-bussines dalam perusahaan ini diantaranya
:
NO
|
NAMA BARANG
|
UNIT
|
HARGA @
|
JUMLAH
|
1.
|
Seperangkat
komputer
|
1
|
Rp 5.500.000
|
Rp 5.500.000
|
2.
|
Modem
|
1
|
Rp
350.000
|
Rp
350.000
|
3.
|
Router
|
1
|
Rp
300.000
|
Rp
300.000
|
4.
|
Kabel UTP
|
1
|
Rp
40.000
|
Rp
40.000
|
5.
|
Konektor RJ 45
|
1
|
Rp
9.000
|
Rp
9.000
|
6.
|
Switch hub
|
1
|
Rp
400.000
|
Rp
400.000
|
7.
|
Ethernet card
|
1
|
Rp
100.000
|
Rp
100.000
|
8.
|
Tester
|
1
|
Rp
45.000
|
Rp
45.000
|
9.
|
Biaya akses
internet
|
1 bulan
|
Rp
260.000
|
Rp
260.000
|
10.
|
Hosting
|
1 bulan
|
Rp
60.000
|
Rp
60.000
|
11.
|
Domain
|
1 tahun
|
Rp
95.000
|
Rp
95.000
|
12.
|
Privasi dan
pengamanan
|
1 tahun
|
Rp
30.000
|
Rp
30.000
|
13
|
Biaya pemasangan
seluruh alat
|
1
|
Rp
350.000
|
Rp
350.000
|
JUMLAH
|
Rp 7.539.000
|
Rp 7.539.000
|
BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pembuatan sistem website e-commerce untuk perusahaan
pengolahan tahu pong yang ber
lokasi di daerah Progowati, Mungkid, Magelang.Berfungsi untuk mempermudah dalam promosi dan penjualan tahu pong mereka.Dalam merancang sebuah
web ini juga menggunakan saran infrastruktur seperti :
hardware,
software,dan browser
sebagai pendukung pembangunan e-bussines.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar