iklan,berita ekonomi,hobi saya

Sabtu, 15 November 2014

RANCANGAN KONSEP PEMBANGUNAN E-COMMERCE




RANCANGAN KONSEP PEMBANGUNAN

 E-BUSSINES TAHU PONG










  



DisusunOleh :

ARDIAN EKO SAPUTRA
14.0101.0047




FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014










BAB I PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG


Dunia bisnis sekarang ini terus bersaing untuk menciptakan berbagai kebutuhan konsumen yang semakin tinggi, dan semakin cerdas dalam memilih kebutuhannya.Mulai dari kalangan menengah sampai kalangan atas selalu menuntut kualitas yang terbaik dan harga yang ekonomis.Perkembangan pesat teknologi informasi, komunikasi, maupun proses pabrikan mengakibatkan pendeknya siklus hidup produk.Oleh karena itu setiap perusahaan akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan produktivitas,efisiensi, pelayanan yang cepat, mudah, dan terus menciptakan berbagai inovasi-inovasi baru untuk tetap dapat unggul dan bertahan di pasar. Selain produktivitas dan efisiensi yang perlu ditingkatkan, perusahaan juga   harus memahami dan mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen.Pengrajin TAHU "RIKY PONG" yang berada di daerah Progowati,Mungkid,Magelang ini adalah UKM yang mampu bertahan menghadapi tantangan dalam kondisi penjualan saat ini.Masalah yang dihadapinya adalah tentang penjualan yang masih menggunakan metode konvensional atau pengenalan produk dimana proses jual-beli masih dilakukan dengan cara tatap muka langsung.Oleh karena itu,saya bermaksud untuk membuat rancangan sebuah desain website untuk mengembangkan pemasaran pabrik tahu tersebut.


B.        RUMUSAN MASALAH

1.      Apa saja infrastruktur yang dibutuhkan untuk membangun e-bussines ?

2.      Bagaimana cara merancang desain web ?  

3.      Berapa biaya yang dibutuhkan untuk merancang desain web ?



C.    TUJUAN

Memberikan kemudahan para pengusaha kecil menengah untuk melakukan promosi ke seluruh masyarakat menggunakan media elektronik.Serta menjadikan semakin banyak orang yang mengetahui pabrik tahuRIKY PONG yang berlokasi di daerah,Progowati,Mungkid,Magelang ini.Tidak hanya di daerah-daerah sekitar tetapi berbagai daerah di Indonesia.Sehingga dalam pemasaran tidak hanya dilakukan omongan dari mulut ke mulut tetapi sudah memanfaatkan perkembangan   internet.







BAB II PEMBAHASAN




A.    INFRASTRUKTUR YANG DIBUTUHKAN


1.  Hardware
a.       Computer : Dengan spesifikasi minimum yaitu berproesor Dual Core
atau lebih,RAM minimal 512MB, hardisk minimal 160GB, VGA card minimal  256MB.
b.       Modem (Modulator Demodulator) : Alat yang digunakan untuk menghubungkan computer dengan internet melalui telefon, line kabel dan layanan dari penyedia jasa telekomunikasi lainnya.
c.       Router : digunakan untuk menghubunkan antara dua jaringan yang berbeda
d.       Kabel UTP : digunakan sebagai kabel jaringan LAN pada system jaringan komputer
e.      Konektor RJ 45 : digunakan dalam topologi jaringan computer tipe lainnya.
f.       Switch hub : Alat yang digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan kejaringan tertentu.
g.       Ethernet card : Alat yang digunakan sebagai kartu antar muka jaringan transmisi  data computer  yang koneksi.
h.       Tester  : Alat yang digunakan untuk mencoba apakah internet sudah terkoneksi dengan PC atau belum.


2.  Software
a.       LAN (Local Area Network) : suatu jenis jaringan computer dengan mencangkup wilayah lokal.
b.      Adobe photoshop : sofware yang dibuat oleh perusahan adobe system, yang khususkan untuk mengedit foto atau gambar dan pembuatan efec.
c.      Adobe image ready : mirip dengan photoshop.
d.      Adobe illustrator : sebuah program perangkat lunak menggambar diciptakan oleh  adobe systems yang menggunakan vektor.
e.      CorelDraw : sebuah software  computer yang melakukan pengelolahan dan editing pada garis vector.
f.       System operasi.
g.      E_mail client.
h.      Instant massaging client.
i.       Pengendalianakses.
j.       Pengaman data.
k.      Pendeteksi dan pengendalianatas kesalahan.
l.       Pengiriman data dan file.



3.  Browser
            Perangkat lunak yang  digunakan untuk menampilkan dan melakukan interaksi     dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh layanan web seperti :    


u          Mozilla firefox
u          Google chrome
u          Internet explorer
u          Opera








B.     RANCANGAN DESAIN WEB

 Metode Dalam Pengembangan website e-commerce
Metode yang penulis gunakan adalah dengan melakukan MetodeWaterfall, karena metode ini sangat baik dalam melakukan pembangunan suatu sistem informasi.
1.  Analisa Kebutuhan
Untuk menganalisis kebutuhan sistem harus melakukan survey ke website-website yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Misalkan toko bagus atau berniaga.com
2.  Desain Sistem
Desain sistem harus user friendly. Agar user mudah dalam menggunakan website untuk mencari produk yang akan di cari.
3.  Coding
Bahasa pemrograman yang penulis gunakan adalah bahasa pemrograman PHP.Karena bahasa pemrograman tersebut masih cukup popular dan terbilang mudah dalam pembuatan website.
4.  Pengujian sistem informasi
Pengujian sistem dilakukan oleh rekan-rekan yang ada di manajemen informatika. Dan pemilik usaha kecil menengah.
5.  Penerapan dan pemeliharaan
Dalam penerapan dan pemeliharaan website di lakukan selama sebulan sekali.









C.    RANCANGAN BIAYA

Rancangan biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan           
 e-bussines dalam perusahaan ini diantaranya :


NO
NAMA BARANG
UNIT
HARGA @
JUMLAH
1.
Seperangkat komputer
1
Rp 5.500.000
Rp 5.500.000
2.
Modem
1
Rp  350.000
Rp  350.000
3.
Router
1
Rp  300.000
Rp  300.000
4.
Kabel UTP
1
Rp   40.000
Rp   40.000
5.
Konektor RJ 45
1
Rp    9.000
Rp    9.000
6.
Switch hub
1
Rp  400.000
Rp  400.000
7.
Ethernet card
1
Rp  100.000
Rp  100.000
8.
Tester
1
Rp   45.000
Rp   45.000
9.
Biaya akses internet
1 bulan
Rp  260.000
Rp  260.000
10.
Hosting
1 bulan
Rp   60.000
Rp   60.000
11.
Domain
1 tahun
Rp   95.000
Rp   95.000
12.
Privasi dan pengamanan
1 tahun
Rp   30.000
Rp   30.000
13
Biaya pemasangan seluruh alat
1
Rp  350.000
Rp  350.000
JUMLAH
Rp 7.539.000
Rp 7.539.000








BAB III PENUTUP


A.    KESIMPULAN

Pembuatan sistem website e-commerce untuk perusahaan pengolahan tahu pong yang ber lokasi di daerah Progowati, Mungkid, Magelang.Berfungsi untuk mempermudah dalam promosi dan penjualan tahu pong mereka.Dalam merancang sebuah web ini juga menggunakan saran infrastruktur seperti : 
hardware,  software,dan browser sebagai pendukung pembangunan e-bussines.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar